Abstrak: Salah satu tempat pelayanan kesehatan yang dirasakan sangat berperan dalam kehidupan masyarakat adalah rumah sakit. Peningkatan mutu pelayanan merupakan tuntutan bagi rumah sakit. Ukuran keberhasilan penyelenggaraan pelayanan di rumah sakit ditentukan oleh tingkat kepuasan penerima pelayanan. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya sedang berkomitmen melakukan berbagai peningkatan mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan indeks mutu pelayanan terhadap kepuasaan pasien di ruang rawat inap kelas III RSUD dr. Doris Sylvanus. Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional, menggunakan purposive sampling dengan 198 responden di ruang rawat inap kelas III menggunakan instrumen kuesioner. Uji Fisher Exact dengan tingkat kepercayaan (α) 0,05 menghasilkan p-value sebesar 0,001 yang menunjukkan ada hubungan bermakna antara indeks mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien (p-value<α). Hasil uji statistik juga menunjukkan dimensi reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), emphaty (empati), dan tangible (berwujud) memiliki hubungan yang bermakna dengan variabel kepuasan pasien terlihat nilai p-value (0,000)<α dengan kepuasan masing-masing dimensi sebesar 82,3%, 92,8%, 88,1%, 95,9% dan 95,9,1%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan indeks mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya.
Kata-kata kunci: mutu pelayanan, kepuasan pasien, RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya
Nama : Zeynita Aditya Harianja
NIM : I1A110 226


Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Layangkan komentar / pertanyaan anda dengan cara yang santun dan beretika