Abstrak
Salah satu puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan di kota Banjarbaru adalah Puskesmas Sungai Ulin Banjarbaru. Indikator keberhasilan pelayanan kesehatan perorangan di puskesmas adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien dipengaruhi penilaian mutu pelayanan kesehatan atau citra puskesmas. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Puskesmas Sungai Ulin Banjarbaru terdapat beberapa persoalan terkait dengan pasien pengguna Askes yang datang ke puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan serta dari petugas kesehatan sendiri. Keluhan yang diungkapkan oleh pasien Askes khususnya terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Sungai Ulin Banjarbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dan pelayanan kesehatan dengan kepuasan peserta PT. Askes di Puskesmas Sungai Ulin Banjarbaru. Penelitian ini bersifat survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sebanyak 97 orang dengan kriteria inklusi yang telah ditentukan. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Chi-square dengan tingkat kepercayaan (α) 0,05. Hasil penelitian univariat menunjukkan bahwa sebagian besar responden merasakan komunikasi terapeutik baik (72,2%), pelayanan kesehatan baik (69,1%), dan kepuasan pasien Askes puas (72,2%). Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara komunikasi terapeutik dengan kepuasan peserta Askes (p-value= 0,619) dan ada hubungan yang bermakna antara pelayanan kesehatan dengan kepuasan peserta Askes (p-value= 0,042). Pihak Puskesmas Sungai Ulin Banjarbaru diharapkan meningkatkan keterampilan komunikasi terapeutik, mempertahankan pelayanan yang baik dan menandai tempat pengurusan rujukan kepesertaan Askes.
Kata-kata kunci: komunikasi terapeutik, pelayanan kesehatan, kepuasan pasien.
Nama : Ihda Rahmi
NIM : I1A110 215
Kata-kata kunci: komunikasi terapeutik, pelayanan kesehatan, kepuasan pasien.
Nama : Ihda Rahmi
NIM : I1A110 215
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Layangkan komentar / pertanyaan anda dengan cara yang santun dan beretika