Home » » HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN TENAGA KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN (Studi Survei di Puskesmas Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Periode Juni-Juli 2013)

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN TENAGA KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN (Studi Survei di Puskesmas Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Periode Juni-Juli 2013)

ABSTRAK

Kualitas pelayanan publik sangat ditentukan oleh sistem dan tenaga pelayanan. Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan perorangan di puskesmas adalah kepuasan pasien. Kepuasan merupakan pengalaman yang akan mengendap di dalam ingatan pasien sehingga mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian ulang produk yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan tenaga kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Rancangan penelitian termasuk penelitian non eksperimental dengan survei analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling sebesar 309 orang untuk menilai proposional kelompok tenaga administrasi, perawat dan bidan. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan kuesioner kualitas pelayanan tenaga kesehatan dan kepuasan pasien. Hasil penelitian kualitas pelayanan tenaga administrasi, perawat dan bidan lebih banyak merasakan baik berturut-turut adalah 95,1%, 95,1% dan 97,1%. Hasil penelitian kualitas pelayanan tenaga administrasi, tenaga perawat, dan tenaga bidan lebih banyak merasakan puas berturut-turut adalah 95,1%, 94,2% dan 96,1%. Uji fisher’s exact test menunjukkan ada hubungan antara kualitas pelayanan tenaga administrasi dengan kepuasan pasien terhadap tenaga administrasi, ada hubungan antara kualitas pelayanan tenaga perawat dengan kepuasan pasien terhadap tenaga perawat dan ada hubungan antara kualitas pelayanan tenaga bidan dengan kepuasan pasien terhadap tenaga bidan yang masing-masing nilainya p = 0,000 < 0,05. Kesimpulannya adalah ada hubungan antara kualitas pelayanan tenaga kesehatan dengan kepuasan pasien. Sarannya adalah Pihak Puskesmas Sungai Pinang dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasaan pasien serta peneliti yang akan datang dapat melakukan penelitian pada semua jenis tenaga kesehatan di Puskesmas Sungai Pinang.

Kata-kata kunci: Kualitas pelayanan, tenaga kesehatan, kepuasan pasien, administrasi, perawat, bidan

Nama : Juwita Malinda Sari
NIM : I1A110 201
https://drive.google.com/file/d/0B0nKcOSM59WbM0NLa2NoaVVSSE0/edit?usp=sharing

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Layangkan komentar / pertanyaan anda dengan cara yang santun dan beretika

 
Our Network : PSKM UNLAM | Digital Library | FK UNLAM | UNLAM | Copyright © 2013. RISET KESMAS UNLAM - All Rights Reserved